Tuesday 2 February 2016

Para Pemuda-Pemudi Indonesia Harus Mampu Menjawab Era MEA 2015

KBRN, Tanjung Pinang : Tantangan para pemuda-pemudi Indonesia d itengah gegap gempita Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-87 tahun 2015, di era saat ini adalah sukses menjawab tuntutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Menteri pemuda dan Ilahraga Imam Nahrawi melihat kayanya demografi Indonesia dibandingkan negara negara lain, harusnya mampu dikembangkan dan diunggulkan oleh para pemuda-pemudi dalam menghadapi tantangan MEA, kedepannya.

"Negara kita yang tercinta ini sedang mendapatkan bonus yang tidak semua negara dapatkan. Indonesia mendapatkan bonus demografi dimana penduduk dengan umur produktif sangat besar sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi kita, terutama untuk mempersiapkan strategi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," pesan Menpora Imam Nahrawi saat memimpin upacara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (28/10/2015).

"Apabila dikaitkan antara bonus demografi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka pemuda Indonesia berpeluang besar menguasai pasar ASEAN. Peluang tersebut tercermin berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik tahun 2013 menyebutkan usia produktif atau angkatan kerja sebanyak 118,19 juta orang. Angka tersebut tentu unggul dibandingkan negara anggota ASEAN lainnya. Setidaknya Indonesia memiliki perbandingan 38:100 yang berarti Indonesia memiliki 38 persen usia produktif dari jumlah penduduk ASEAN," tambah Cak Imam, sapaan akrab Menpora.

Semangat cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa negara menjadi modal bagi para pemuda-pemudi yang harus mampu dipupuk dengan baik.

"Rela berkorban menanggalkan ego sukunya, ego agamanya, ego kedaerahannya, ego kelompoknya dan ego pribadinya demi kepentingan yang lebih besar yaitu Indonesia, seperti yang pernah dilakukan oleh para pemuda pendahulu kita. Inilah tanah air kita, inilah bumi kita, inilah masa depan kita," tutup Menpora, yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin di Halaman Gedung Daerah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. (DSun/HF)

(sumber : http://www.rri.co.id/post/berita/213429/nasional/pemudapemudi_indonesia_harus_mampu_menjawab_era_mea_2015.html)

No comments: